header ilmugrafis
Home Tutorials Fonts IG Store Contact
 
ilmu grafis » BLENDER DASAR

Cara Mengubah Tampilan Sudut Pandang di Blender

Publish: 24 Sept 2014 | Author & Copyright: Johan | Status: Blender Dasar

Camera Object User Perspective (Blender)
Gambar Camera Object User Perspective (Blender)

Jumpa kembali dengan tutorial blender, kali ini kita akan mengenal dan mempelajari cara mengubah camera view atau tampilan sudut pandang object pada blender. Mengapa hal ini sangat penting? karena pada bidang 3 dimensi memiliki Panjang Lebar dan Kedalaman (tinggi).

Sangat penting bagi kita agar bisa melihat object 3 dimensi dari beberapa sisi atau sudut pandang. Untuk itu kita harus tahu cara memutar kamera (mengubah sudut pandang), memfokuskan kamera dan zoom in (memperbesar tampilan agar lebih detil) maupun zoom out (memperkecil tampilan untuk melihat object secara keseluruahan).

Blender membuat semua hal menjadi mudah, kita bisa mengganti sudut pandang dengan menggunakan Mouse maupun Numpad.

Catatan : bagi yang menggunakan laptop jangan lupa meng-aktifkan "Emulate Numpad" caranya seperti yang telah dibahas di tutorial sebelumnya Mengganti Mode Klik Object Pada Blender.

camera control numpad blender
Gambar Numpad Camera Control

NAVIGASI NUMPAD :
0 = Camera View
1 = Front View , 7 = Top View , 3 = Left View , 5 = Perspective
4 = Orbit Left (memutar ke kiri) , 6 = Orbit Right (memutar ke kanan)
8 = Orbit Up (memutar ke atas) , 2 = Orbit Down (memutar ke bawah)
(-) = Zoom Out , (+) = Zoom In

NAVIGASI DENGAN MOUSE :
Jika anda lebih senang Navigasi Kamera dengan menggunakan Mouse maka Blender juga sudah menyediakannya. Saya sendiri lebih suka cara ini karena lebih fleksibel.

mouse scroll
Gambar Mouse Scroll (Foto : imageshack.us)

A. Gunakan / Putar Scroll pada mouse untuk Zoom in dan Zoom Out

B. Tekan dan Tahan Scroll pada Mouse kemudian gerakkan ke kanan, kiri, depan, belakang untuk memutar kamera dan sudut pandang Object di Blender.

C. Untuk menggeser tampilan maka gunakan perpaduan Tekan dan tahan Scroll + Tekan dan Tahan tombol [ Shift ] pada keyboard.

Itulah cara navigasi sudut pandang camera pada Program Blender. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share URL Share the URL of this Tutorial in IM, Email or post in forums

* Klik Link, copy (ctrl + c) dan paste (ctrl + v)
 
author

Info dan Kontak Penulis

Johan Felisitas
Tentang Penulis : Lahir di Surabaya 1986, Menyukai komputer grafis terutama program photoshop dan coreldraw. Saat ini bekerja sebagai designer grafis di salah satu perusahaan swasta di Surabaya.
Motto : Berikan yang terbaik, untuk mendapatkan yang terbaik!

Penulis dapat dihubungi via:
Twitter: @johanfelisitas
Google+ :
Facebook : facebook.com/tomuramaster
Email : johan.felisitas[at]gmail[dot]com

Rekomendasi ilmugrafis

Blender Fundamental
BLENDER FUNDAMENTAL

Video Tutorial Blender Penguasaan Dasar dan Fundamental yang wajib dikuasai dari Software Blender

Blender Lanjutan
BLENDER LANJUTAN

Video Tutorial Blender Pembuatan karakter kartun dan teknik yang sering digunakan dalam permodelan 3D

PHOTOSHOP
Photoshop Dasar
Photoshop Teks Effect
Photoshop Photo Efek
Photoshop Alternatif
Photoshop Plugins

CORELDRAW
CorelDRAW Dasar
CorelDRAW Logo
CorelDRAW Bebas
CorelDRAW Tools

BLENDER 3D
Blender Dasar

FOTOGRAFI
Lightroom

VECTOR
Adobe Illustrator

ANIMASI
Flash
Swishmax

3D MODELING
3dsMAX
AutoCAD
Cinema 4D

VIDEO EDITING
Adobe Premiere
After Effect
Pinnacle

WEB DESIGN
Dreamweaver
jQuery

PUBLISHING
InDesign
Ms. Paint

FREEWARE
Gimp
Inkscape

ARTS
News
Artikel
Gallery
Jasa Desain
Donasi

FRIENDS
Photoshop Desain
Hog Pictures

Link to us


bantuan information

ilmugrafis launcher
Peta Situs | Term of Use web edukasi - ilmugrafis.com Indonesia
Copyright © 2017 ilmuGrafis. All Rights Reserved. | RSS | Subscribe
Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang & Dmca
eXTReMe Tracker