header ilmugrafis
Home Tutorials Fonts IG Store Contact
 
ilmu grafis » 3DS MAX STUDIO

Membuat Material Air Laut

Publish: 3 Januari 2013 | Author & Copyright: Aditya, ST | Tutorial 3DS MAX

Laut merupakan objek pemandangan yang sangat natural dan alami. Banyak teknik yang dapat Anda gunakan untuk membuat lautan dalam aplikasi 3ds Max. Pada 3dsmax tutorial Material Air Laut kali ini Anda akan mencoba membuat material suatu permukaan air laut dengan hanya menggunakan fitur Material Editor.

Tekniknya adalah Anda bukan menerapkan material atau gambar/foto air pada pilihan Bitmap-nya, melainkan Anda 'meracik' sendiri material laut dengan menggunakan kombinasi warna, fitur Bump serta menambahkan efek Reflection sehingga akan di dapat material laut yang lebih natural. Nantinya bila Anda telah memahami konsep ini, maka Anda dapat membuat dan 'meracik' sendiri material laut yang Anda inginkan.

Tutorial Material Air Laut

1. File Latihan untuk materi tutorial ini bisa di Download Klik Disini. Buat sebuah objek Plane (Create > Geometry > Plane) yang akan dijadikan sebagai permukaan lautnya. Lakukan proses Render dengan klik Menu Rendering > Render > Render. Anda belum melihat permukaan laut, yang tampil hanya sebuah permukaan datar yang flat. Selanjutnya tutup jendela hasil Render dan jendela Render Scene. Sekarang Anda akan membuat Material permukaan air laut.

2. Tekan M di keyboard untuk membuka Material Editor. Klik slot material yang kosong , pilih Diffuse Color dengan warna biru gelap (misalnya : Red = 0, Green = 40, Blue = 80) lalu tekan tombol Close. Atur Specular Level = 45 dan Glossiness = 35. Specular Level berfungsi untuk memberikan kesan highlight pada objek. Sedangkan Glossiness berfungsi untuk mempertajam highlight.

Setingan Nilai Basic Parameters


3. Buka rollout Maps, klik tulisan None di kategori Reflection, klik ganda Bitmap dan pilih image langit dari folder Buku > Latihan > 2Material > Kreasi2.6_Laut > DUSKCLD1.JPEG. Klik tombol Go to Parents
Atur Reflection Amount = 35. Ini berfungsi untuk memberikan kesan pantulan untuk material lautnya. (Pembahasan lebih detail tentang pantulan/reflection akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya).

Setingan Nilai Reflection Amount


4. Selanjutnya masih pada rollout Maps, klik tulisan None di kategori Bump, kemudian klik ganda pemilihan Noise. Pada rollout Noise Parameters, klik pemilihan Noise Tipe Fractal. Ubah Size = 12. (Pembahasan lebih detail tentang bump akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya)

Setingan Rollout Noise Parameters


5. Anda klik tombol Go To Parents dan atur Bump Amount = 25. Semakin tinggi nilai yang Anda berikan, maka akan semakin bergelombang riak air lautnya. Demikian sebaliknya.

Setingan Nilai Bump Amount

6. Pilih objek Plane01 dan tekan tombol Assign Material to Selection Tutup jendela Material Editor.


7. Klik Viewport Perspective. Lakukan kalkulasi Render
hasilnya :
pemandangan lautan yang indah
Pemandangan lautan yang indah

Catatan:
Nilai-nilai dari parameter diatas maupun warna dapat Anda ubah sesuai dengan keinginan Anda. Dengan Anda ”meracik” sendiri ”ramuan” untuk membuat material tersebut, maka Anda dapat dengan bebas bereksperimen dengan nilai dari parameter-parameter tersebut untuk mendapatkan hasil yang ideal menurut Anda.

Itulah cara membuat material Air Laut . Simak juga tutorial sebelumnya yaitu Rendering Garis-Garis (Wireframe) dengan 3dsmax. Selamat berkarya. Terima kasih, Semoga Bermanfaat.

Share URL Share the URL of this Tutorial in IM, Email or post in forums

* Klik Link, copy (ctrl + c) dan paste (ctrl + v)
 

author
<> Info dan Kontak Penulis
Aditya, ST
Tentang Penulis : Lahir di Medan, 6 September 1978, aktif menulis beberapa buku diantaranya Photoshop Magic (Mediakita), Trik Dahsyat menjadi Animator 3D andal (Penerbit Andi), Cara Cepat Menguasai 3DS Max (Mediakita). Dan menjadi pengajar di berbagai seminar serta lembaga pendidikan DreamARCH Animation di Medan. Hobbi nonton Film dan membuat animasi.
Motto : Sharing-lah ilmu biar makin maju!

Penulis dapat dihubungi via:
Telp /HP : 0819 205 1013
Facebook : Aditya Kryoadi
YM : aditya_dreamarch
Email : dreamarchanimation2010@gmail.com


Rekomendasi ilmugrafis

3DS MAX VRAY
Video Tutorial 3DS MAX dan Vray

Membahas Teknik Rendering Profesional yang selama ini jarang diketahui...



[adv.] Supported by
dumetschool kursus desain grafis
DumetSchool.com

PHOTOSHOP
Photoshop Dasar
Photoshop Teks Effect
Photoshop Photo Efek
Photoshop Alternatif
Photoshop Plugins

CORELDRAW
CorelDRAW Dasar
CorelDRAW Logo
CorelDRAW Bebas
CorelDRAW Tools

FOTOGRAFI
Lightroom

VECTOR
Adobe Illustrator

ANIMASI
Flash
Swishmax

3D MODELING
3dsMAX
AutoCAD
Cinema 4D
Blender

VIDEO EDITING
Adobe Premiere
After Effect
Pinnacle

WEB DESIGN
Dreamweaver
jQuery

PUBLISHING
InDesign
Ms. Paint

FREEWARE
Gimp
Inkscape

ARTS
News
Artikel
Gallery
Jasa Desain

FRIENDS
Photoshop Desain
Hog Pictures

Link to us


bantuan information

ilmugrafis launcher
Privacy policy
Peta Situs | Term of Use web edukasi - ilmugrafis.com Indonesia
Copyright © 2017 ilmuGrafis. All Rights Reserved. | RSS | Subscribe
Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang & Dmca
eXTReMe Tracker